Apa sih Perbedaan antara Geofisika dan Teknik Geofisika?

Jurusan Geofisika dan Teknik Geofisika adalah dua bidang yang berhubungan dengan ilmu geofisika. Berikut adalah narasi perbedaan antara keduanya:

Jurusan Geofisika adalah program studi yang berfokus pada pemahaman dan penelitian ilmu geofisika. Mahasiswa dalam jurusan ini akan mempelajari prinsip-prinsip dasar geofisika, termasuk pemahaman tentang fenomena fisik di Bumi, seperti gempa bumi, gravitasi, medan magnet, seismologi, geodesi, dan pengukuran fenomena alam lainnya. Fokus utama dari jurusan Geofisika adalah memahami karakteristik dan perilaku Bumi dari sudut pandang fisik dan geologis. Tujuannya adalah melatih calon geofisikawan yang memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip geofisika dan mampu menerapkannya dalam penelitian, pemodelan, dan pemetaan fenomena Bumi.

Di sisi lain, jurusan Teknik Geofisika adalah program studi yang menggabungkan prinsip-prinsip geofisika dengan penerapan teknik dan teknologi. Mahasiswa dalam jurusan ini akan mempelajari bagaimana menerapkan prinsip-prinsip geofisika dalam pengembangan dan penggunaan alat-alat dan metode pengukuran geofisika yang canggih. Mereka akan mempelajari tentang pemetaan dan pemantauan sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, air tanah, dan potensi geotermal menggunakan teknologi seperti seismik, gravitasi, elektromagnetik, dan metode lainnya. Tujuannya adalah melatih calon teknisi geofisika yang mampu mengoperasikan peralatan geofisika, mengumpulkan data, menganalisis hasil, dan memberikan informasi yang berguna untuk keperluan eksplorasi dan penelitian.

Perbedaan utama antara jurusan Geofisika dan Teknik Geofisika terletak pada fokus dan tujuan masing-masing. Jurusan Geofisika lebih berorientasi pada pemahaman dan penelitian ilmu geofisika secara mendalam. Mereka berfokus pada pemahaman fenomena fisik di Bumi dan pengembangan pengetahuan ilmiah dalam bidang geofisika. Di sisi lain, jurusan Teknik Geofisika lebih berfokus pada aplikasi praktis prinsip-prinsip geofisika dalam pengembangan dan penggunaan teknologi dan alat-alat geofisika. Mereka berfokus pada penerapan metode pengukuran geofisika dan pengumpulan data untuk keperluan eksplorasi dan penelitian.

Namun, perbedaan antara keduanya seringkali tidak tegas, dan terdapat beberapa kesamaan dan tumpang tindih dalam bidang studi dan pekerjaan di lapangan. Dalam banyak kasus, geofisikawan dan teknisi geofisika bekerja sama dalam proyek-proyek eksplorasi dan pemetaan, dengan geofisikawan bertanggung jawab pada aspek penelitian dan pemodelan, sedangkan teknisi geofisika bertanggung jawab pada aspek pengukuran dan analisis data.

Dalam kesimpulannya, jurusan Geofisika lebih berfokus pada pemahaman dan penelitian ilmu geofisika, sedangkan jurusan Teknik Geofisika lebih berfokus pada penerapan teknik dan teknologi dalam pengukuran geofisika.

Leave a Reply

Dapatkan Info Terbaru!

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Follow & Join Us!

Prisma Cendekia © 2022  All Reserves